Cara yang harus disiapkan ketika ingin membubut


pada umumnya mesin bubut sering digunakan di beberapa pabrik manufaktur, nah biasanya pembubutan berupa bubut rata muka, bubut bertingkat, bubut alur, bubut ulir, bubut tirus, dan sebagainya.

nah pembahasan kali ini, bagaimana Cara yang harus disiapkan ketika ingin membubut. ini adalah tutorial untuk dasarnya saja.

akan tetapi jangan lupa untuk menggunakan alat-alat safety terlebih dahulu ya.

berikut Cara yang harus disiapkan ketika ingin membubut:

1. Pastikan Drawing sheet/ gambar rancangan design sudah siap

dalam dunia teknik mesin, jika ingin membuat sesuatu, maka diharuskan membuat drawing design terlebih dahulu. agar saat memulai pengerjaan barangnya bisa mengikuti dengan pemesanan dari costumer seperti apa, dan untuk memberikan informasi dari si perancang/ design engineer nya bisa tersampaikan.

2. Pastikan Benda Kerja sudah siap


Setelah rancangan gambar kerja sudah siap, berikutnya tinggal memastikan apakah benda kerja sudah ada atau belum.

dan pastikan ukuran As dari benda kerja yang akan dibubut memiliki diameter yang tidak terlalu jauh ukuranya dari gambar desain. seperti contoh jika di gambar design memiliki ukuran diameter paling besar adalah 46 mm, maka ukuran As diharuskan 50-55mm.

dikarenakan jika ukuran diameter As terlalu besar, maka akan terlalu banyak besi/ gram bubut yang terbuang sia-sia. maka dari itu untuk meminimalisir biaya, maka gunakan yang seharusnya digunakan.

3. Pastikan Pahat Bubut sudah tajam/ sudah sesuai dengan Standart

nah jika benda kerja sudah siap. maka siapkan pahat bubut yang akan digunakan.
jenis pahat bubut pun beragam. ada pahat bubut yang sudah jadi dan ada yang membuatnya manual.

jika pahat bubut yang sudah jadi/ gambar yang sebelah kiri, harganya sangatlah mahal. kekuatanya hanya di ujung matapisau nya saja. jika mata pisaunya sudah tumpul maka tinggal dibalik di ujung sisi satunya. dan jika sudah tumpul dikedua sisinya. maka diharuskan membeli lagi mata pisaunya.

dan jenis pahat bubut satu lagi/ gambar yang sebelah kanan. itu adalah jenis pahat bubut HSS (High Speed Steel). jika ingin memakai pahat bubut HSS, diharuskan untuk mengasah pahatt bubut sendiri. dibutuhkan keahlian khusus untuk membuat mata pisau disetiap jenis untuk membubut.

4. Pastikan Benda Kerja dan pahat bubut sudah terpasang



langkah selanjutnya adalah memasang benda kerja dan memasang pahat bubut.

pasang benda kerja pada chuck mesin dan gunakan kunci untuk membuka dan memasang benda kerjanya. pastikan benda kerja terpasang dengan pas/tidak kendor. karena akan fatal akibatnya jika benda kerja terpasang tidak pas/ tidak presisi.

dan pasang pahat bubut pada tools post. pasang sesuai standart. dan gunakan kunci untuk membuka dan memasang pahat tersebut. pastikan pahat terpasang tegak lurus. karena jika tidak lurus, maka benda kerja nantinya akan jadi jelek pada saat dibubut.

5. Pastikan Safety Factor

setelah semuanya terpasang. pastikan keadaan safety nya. pastikan sesudah memasang benda kerja pada chuck, kunci penyetelnya pastikan sudah ditaruh ditempat yang seharusnya. karena jika pada saat mesin dinyalakan, maka kunci yang masih menempel pasti akan mental dan akan membahayakan si operator tersebut.

dan pastikan memakai kacamata agar pada saat gram bubut mental tidak kena mata dan pakai sarung tangan agar tidak terkena pahat bubut yang tajam.

6. Nyalakan Mesin Bubut

jika keadaan sudah OK semua, dan safety/ tingkat keselamatan sudah ok, maka mesin bubut bisa dinyalakan dengan menekan tombol/memutar tuas Otomatisnya.

Comments