Membuat Kursi/bangku 3d dengan AutoCad


       Tools yang akan kita gunakan untuk membuat kursi di AutoCad ini menggunakan Tools Line/garis & Rectangle/persegi, lalu setelah pola gambar jadi tahap selanjutnya adalah di Extrude. Kita akan pelajari tahap demi tahapnya di bawah ini. Sebelum memulainya, penulis berpesan apa yang sudah anda pelajari di Blog ini, di harapkan anda mengajarkanya ke Oranglain yang belum tahu. 

Sesungguhnya Manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain. 

Sebelumnya terimakasih sudah berkunjung ke blog ini.
Berikut adalah Tahap-tahap untuk membuat kursi sederhana 3d:

1. buka AutoCad,Disini  Saya memakai AutoCad 2007, sebenarnya tidak ada bedanya dengan versi AutoCad lainnya.



2.klik tools rectangle
 pada bagian ini adalah untuk membuat tempat dudukan kursinya, gambar toolsnya seperti dibawah ini



   Atau jika kamu enggak mau bolak balik klik tools, kamu bisa menggunakan Command yang ada di paling bawah AutoCad. Kamu bisa klik kolom Command atau langsung ketik aja di keyboard dengan cara (Command: rectangle), atau command: rec, Lalu klik Enter




3. perintah Specify first corner point or. 
      Di perintah tersebut anda di suruh menentukan dimana titik pertama , yaitu dimana anda akan memulai membuat gambar tersebut. 

Anda klik saja secara sesuka hati anda,terserah anda mau menaruh gambar itu dimana.
 




4. di tahap ini anda diminta untuk memasukkan ukuran. 

Memasukan ukuran nya mengggunakan Command. Di perintah command muncul 3 pilihan,\


 yang kita pakai adalah Dimension, langsung saja ketik: Dimension atau ketik Command: Dimension. Lalu klik enter



Muncul perintah specify length for rectangle. Maksud perintah tersebut adalah kamu harus memasukan ukuran untuk panjang benda tersebut. Disini saya memasukan ukuran untuk panjang sebesar 35, lalu klik enter

Muncul perintah specify  width for rectangle. Maksud perintah tersebut adalah kamu harus memasukan ukuran untuk lebar benda tersebut. Disini saya memasukan ukuran untuk lebar sebesar 30, lalu klik enter



Jika ada perintah “Specify Other Corner Point or” seperti yang ada pada gambar di atas, perintah tersebut menyatakan bahwa anda di perintahkan untuk menyatakan titik  point letak  gambar tersebut akan anda taruh di sebelah mana. Jika muncul anda cukup KLIK “KIRI” pada Mouse. Jadinya seperti gambar dibawah ini




Setelah memasukan ukuran persegi panjang, gambar yang dibuat akan muncul seperti dibawah ini



5.Tahap selanjutnya adalah membuat 4 kaki pada kursi. Sebelum membuatnya pastikan terlebih dahulu bahwa osnap kamu telah aktif dan di “Select All”





Langkahnya adalah: 1. klik kanan pada pilihan OSNAP di paling bawah AutoCad, lalu klik Setting



lalu akan muncul kotak object snap. Lalu kamu klik “Select All”  Seperti gambar dibawah ini. Lalu klik OK



6.membuat 4 kaki kursi
    Pertama buatlah terlebih dahulu garis untuk mengatur jarak kaki dengan pinggiran dudukan kursi. jika ingin membuat garis lurus, yang harus dilakukan adalah mengklik/mengaktifkan ORTHO yang terdapat pada toolbar paling bawah di AutoCad, atau dengan mengklik F8 pada keyboard.


a. buatlah garis (dengan mengklik ikon LINE atau COMMAND : LINE)dari pojok kiri atas  kearah kanan, masukan ukuran panjang 3cm, lalu enter


b. lanjutkan garis sebelumnya dengan buat garis ke bawah, masukan ukuran panjang 3cm, lalu enter




c.lalu tekan enter, maka jadinya akan seperti ini

d.buatlah Rectangle/persegi. 
  Langkahnya adalah: KLIK ikon Rectangle atau ketik command: rectangle, lalu klik enter
 



Lalu muncul perintah “Specify First Corner Point or


Klik pada ujung garis yang terakhir dibuat




Arahkan kursor ke arah kanan bawah, dan masukkan Command: Dimension, lalu klik enter


Muncul perintah specify length for rectangle. Masukkan ukuran: 5cm, lalu klik enter

Muncul perintah specify  width for rectangle. Masukkan ukuran 5cm, lalu klik enter


Lalu akan muncul gambar seperti di bawah, muncul perintah Specify Other Corner Point oranda cukup KLIK “KIRI” pada Mouse.





e. membuat garis dengan cara mengambil bagian tengah persegi panjang tersebut
langkahnya: membuat Line/garis (dengan mengklik ikon LINE atau COMMAND : LINE), lalu klik enter



arahkan kursor pada garis tengah yang ada di samping kiri, lalu klik pada garis tersebut



bawa kursor ke garis yang ada di sebelah kanan, ambil bagian tengah garis tersebut, lalu klik kiri pada mouse,



gambarnya akan menjadi seperti ini

f.menggandakan kotak untuk kaki kursi menjadi 4 bagian
   
  menggandakan kotak 1:         
     klik ikon MIRROR atau dengan cara Command: MIRROR, lalu klik enter
kegunaan dari ikon Mirror ini adalah untuk menggandakan object yang menggunakan prinsip yang digunakan oleh sebagai mestinya fungsi kaca, yaitu Bayangan akan terbalik dari benda aslinya”
 





perintah berikutnya adalah “SELECT OBJECT” , perintah ini dimaksudkan untuk memilih object mana yang akan kalian ingin MIRROR

klik kotak kecil yang sebelumnya kita buat,


lalu klik enter, lalu akan muncul perintah “Specify First Point of Mirror line” maksud dari perintah ini adalah dimana kamu akan menentukan titik tengah sebagai titik point untuk object yang akan di MIRROR.


Klik pada bagian tengah garis yang sudah dibuat sebelumnya untuk menentukan titik pertama dimana benda yang akan di mirror


Lalu perintah yang selanjutnya adalah menentukan titik kedua, titik kedua ini adalah proses dimana benda yang akan di mirror ingin di taruh di sebelah mana. Pada tahap ini arahkan kursor ke tengah samping kanan garis. Lalu klik kiri pada mouse


Muncul perintah “Erased source Object?” maksud dari perintah ini adalah kamu ingin menghapus object yang sudah kamu klik tadi atau tidak ingin dihapus. Jika object ingin di hapus tinggal ketik N untuk perintah NO dan huruf Y adalah perintah untuk YES. Di bawah ini ada tulisan di kotak di samping tulisan “Erased source Object?” N , N disini adalah perintah untuk NO. yang harus kita lakukan adalah ketik N, Lalu klik Enter. Maka object yang ingin di mirror tadi sudah jadi 


menggandakan kotak 2:
pada tahap ini kamu akan menggandakan object ke pojok kanan atas

klik ikon MIRROR atau dengan cara Command: MIRROR, lalu klik enter
 

perintah berikutnya adalah “SELECT OBJECT”, klik object yang akan di mirror


lalu klik enter, lalu akan muncul perintah “Specify First Point of Mirror line”


Klik pada bagian tengah garis yang sudah dibuat sebelumnya untuk menentukan titik pertama dimana benda yang akan di mirror

perintah yang selanjutnya adalah menentukan titik kedua, titik kedua ini adalah proses dimana benda yang akan di mirror ingin di taruh di sebelah mana. Pada tahap ini arahkan kursor ke tengah paling atas  garis. Lalu klik kiri pada mouse



Muncul perintah “Erased source Object?” maksud dari perintah ini adalah kamu ingin menghapus object yang sudah kamu klik tadi atau tidak ingin dihapus. Jika object ingin di hapus tinggal ketik N untuk perintah NO dan huruf Y adalah perintah untuk YES. Di bawah ini ada tulisan di kotak di samping tulisan “Erased source Object?” N , N disini adalah perintah untuk NO. yang harus kita lakukan adalah ketik N, Lalu klik Enter. Maka object yang ingin di mirror tadi sudah jadi





menggandakan kotak 3:
  pada tahap ini kamu akan menggandakan object ke pojok kanan bawah
klik ikon MIRROR atau dengan cara Command: MIRROR, lalu klik enter


perintah berikutnya adalah “SELECT OBJECT”, klik object yang akan di mirror


lalu klik enter, lalu akan muncul perintah “Specify First Point of Mirror line”





Klik pada bagian tengah garis yang sudah dibuat sebelumnya untuk menentukan titik pertama dimana benda yang akan di mirror



perintah yang selanjutnya adalah menentukan titik kedua, titik kedua ini adalah proses dimana benda yang akan di mirror ingin di taruh di sebelah mana. Pada tahap ini arahkan kursor ke tengah paling kanan garis. Lalu klik kiri pada mouse

Muncul perintah “Erased source Object?” maksud dari perintah ini adalah kamu ingin menghapus object yang sudah kamu klik tadi atau tidak ingin dihapus. Jika object ingin di hapus tinggal ketik N untuk perintah NO dan huruf Y adalah perintah untuk YES. Di bawah ini ada tulisan di kotak di samping tulisan “Erased source Object?” N , N disini adalah perintah untuk NO. yang harus kita lakukan adalah ketik N, Lalu klik Enter. Maka object yang ingin di mirror tadi sudah jadi



7. menghapus garis bantu yang sudah tidak terpakai
Sebelumnya kita sudah membuat garis untuk garis bantu membuat kaki meja. Pada tahap ini garis tersebut akan kita hapus. Yaitu dengan menggunakan ikon ERASE , kegunaan ikon ini yaitu adalah untuk menghapus garis
Langkah-langkahnya adalah:

a. klik ikon ERASE atau kalian bisa menggunakan Command: ERASE , lalu klik enter



b.klik garis yang ingin dihapus, disini saya mengklik 3 garis bantu yang tadi sudah dipakai

c.klik enter, garis yang tadi sudah di klik sekarang sudah terhapus

8.mengEXTRUDE Kaki kursi dan permukaan duduk kursi
Pada tahap ini benda yang tadinya masih berupa 2d, akan kita jadikan 3d dengan cara di EXTRUDE
Langkah langkahnya yaitu:

A. Pertama kita ubah dahulu pandangan bendanya menjadi SW Isometric, yaitu dengan cara klik View,klik 3d view, lalu klik SW Isometric

b. setelah proses di atas, pandangan benda yang sekarang akan menjadi seperti ini


c.jika pandangan terhadap bendanya terlalu dekat, maka kita zoom out agar benda tidak terlalu dekat sekali. Yaitu dengan cara klik view,klik zoom,klik out. Atau kalian bisa menggunakan Scrool pada Mouse


d.extrude permukaan kursi

klik menubar draw, klik modeling, klik extrude


atau kalian bisa menggunakan Command: EXT, lalu klik Enter

muncul perintah “Select Object to Extrude” pada perintah ini, kalian diharuskan untuk memilih object mana atau gambar mana yang ingin kalian Extrude

klik benda/gambar permukaan kursi tersebut,

lalu klik enter, arahkan kursor ke bawah, lalu masukan ukuran sebesar 5 cm

klik enter, extrude pada bagian permukaan sudah jadi

e. extrude bagian ke 4 kaki

command: Ext , lalu klik enter.

muncul perintah “Select Object to Extrude” , klik ke empat kaki kursi tersebut  
lalu klik enter, muncul perintah “Specify height of extrusion or” maksud perintah tersebut adalah kalian diharuskan memasukan ukuran berapa tinggi benda yang akan kalian extrude, disini kita masukkan ukuran dengan panjang -35 cm

klik enter, kaki kursi tersebut sudah berubah menjadi 3d

9.Membuat cagakan senderan kursi
     Setelah tahap pembuatan pada permukaan dan kaki kursi, tahap selajutnya yaitu membuat cagak untuk senderan kursi. Dimulai dari membuat 2d sampai 3d. oke langsung saja kita mulaiii
Langkah-langkahya:
a.membuat kotak 2d
sebelum membuat kotaknya kita akan zoom terlebih dahulu kursinya agar bisa membuatnya dengan jelas. Jika ingin menggeser benda cukup mudah, hanya dengan mengklik scrool pada mouse

Klik view,klik zoom,klik IN atau bisa menggunakan scrool pada mouse

Buat terlebih dahulu garis tengah di kotak kaki, seperti gambar dibawah ini

Klik Line atau kalian bisa menggunakan Command: Line , lalu klik enter


Buat kotak untuk tiang cagak sandaran

Klik Rectangle atau kalian bisa menggunakan Command: rec, lalu klik enter


Taruh titik pertama kotak seperti di bawah ini

Lalu klik titik terakhir kotak cagakan  sesuai ukuran panjang kotak kaki kursi

b.mencopy kotak menjadi 2 bagian
pada tahap selanjutnya adalah mencopy agar kotak menjadi 2 bagian.
Langkah-langkahnya :

Klik ikon copy atau kalian bisa menggunakan command: COPY , lalu tekan enter


Setelah kalian klik ikon copy, tahap selanjutnya adalah kalian harus meng klik benda yang akan di copy, klik kotak yang sebelumnya kalian buat, lalu klik enter

Setelah kalian mengklik benda yang akan di copy, perintah selanjutnya adalah kalian diharuskan memilih dari titik mana yang akan kalian geser untuk mencopy benda tersebut. Saya disini mengklik titik utama pada pojok kanan

Setelah menentukan titik geser, kalian diharuskan menaruh titik selanjutnya, dimana kalian menaruh benda yang akan di copy tersebut. Disini saya menaruh pada titik pojok kanan, seperti pada gambar
Sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya, hapus terlebih dahulu garis bantu yang berada di tengah-tengah kotak, caranya: klik ikon erase atau bisa menggunakan command: erase, lalu klik enter

c.meng EXTRUDE cagakan Senderan
pada tahap ini yang kita lakukan adalah meng Extrude kedua kotak yang telah kita buat sebelumnya agar menjadi 3d.

langkah-langkahnya: klik Extrude atau bisa menggunakan command: ext , lalu klik enter

setelah kalian meng klik extrude atau command: ext ,  perintah selanjutnya adalah kalian diharuskan mengklik benda yang akan di extrude/ select object to extrude , yang harus kalian klik benda nya yaitu adalah kedua kotak yang sudah kita buat sebelumnya, seperti gambar di bawah ini. Lalu klik enter


specify height of extrusion or : setelah itu kalian diharuskan memasukkan berapa tinggi dari benda yang ingin di extrude, tinggi disini kita akan memasukannya setinggi 35cm lalu klik enter

benda yang sudah di extrude akan jadi seperti ini


10. membuat persegi panjang 2d untuk senderan kursi
a. mengganti pandangan depan/front
sebelum membuat kotak 2d untuk senderan kursi yang harus kita lakukan adalah mengubah pandangan kursi menjadi pandangan dari depan/front
langkahnya: klik view,klik 3d view, klik front

maka pandangan akan menjadi seperti ini
b.membuat persegi panjang 2d
disini kita langsung akan membuat sandaran untuk kursi tapi masih berupa 2d.
pertama kalian klik ikon Rectangle atau bisa dengan command: rectangle , lalu klik enter

berikutnya adalah kalian harus menentukan titik pertamanya, lakukan seperti gambar di bawah ini

setelah menentukan titik pertama,  setelah itu Command: Dimension , lalu klik enter
Muncul perintah specify length for rectangle. Masukkan ukuran: 29cm, lalu klik enter
Muncul perintah specify  width for rectangle. Masukkan ukuran 15cm, lalu klik enter
muncul perintah “Specify Other Corner Point or” anda cukup KLIK “KIRI” pada Mouse.
Setelah tahap di atas selesai, maka gambar jadi kotaknya akan menjadi seperti ini

11. meng EXTRUDE sandaran menjadi 3d
a.mengubah pandangan
sebelum benda di extrude, kita ubah pandanganya terlebih dahulu,
klik view,klik 3d view, klik sw isometric


b.Extrude
yang awalnya masih berupa 2d, kita ubah menjadi 3d
klik draw, klik modeling, klik extrude. Atau kalian bisa menggunakan command: ext, lalu klik enter

setelah mengklik ikon extrude, perintah selanjutnya adalah select object, object yang harus kita pilih adalah persegi panjang 2d yang sebelumnya telah kita buat. Seperti gambar di bawah. Lalu klik enter
setelah benda di klik enter, maka perintah selanjutnya adalah diminta untuk berapa ketebalan benda tersebut. Langkahnya adalah: kursor di kebelakangkan, lalu masukkan angka 2.5 , lalu klik enter

maka benda akan menjadi seperti ini

12. mengubah gambar menjadi conceptual
Mengubah gaya gambar menjadi conceptual adalah supaya gambar agar terlihat lebih real/ kelihatan nyata. Baik lah langkah-langkahnya adalah:
Klik view, klik visual style, klik conceptual

Kalau mau lebih nyata lagi,
Klik view,klik render,klik render. Atau kamu bisa juga menggunakan command: render, lalu klik enter



Oke semuanya sudah selesai, jika masih bingung, silahkan komentar di kolom bawah,insyaallah langsung di bales.

Semoga ilmunya bermanfaat. Aamiin….





















Comments