Merawat Peralatan dan perlengkapan perbaikan di tempat kerja

Uraian Materi
         Pada tempat kerja program keahlian otomotif atau biasa disebut bengkel otomotif ataupun bengkel kerja,kita dapat mengenal jenis alat bantu kerja, yaitu alat tangan dan alat mesinatau alat tenaga (hand tools and machine tools or power tools). Kedua alat tersebut dibedakan atas tenaga penggeraknya dimana alat mesin untuk menggerakanya menggunakan tenaga bantu dari mesin. Misalnya mesin Bor untuk dapur berputar mata bor harus diputarkan oleh motor listrik,sedangkan alat tangan menggunakan tenaga otot/tangan manusia. Dengan kata lain,alat tangan adalah alat bantu kerja yang penggunaanya selalu menggunakan tenaga tangan manusia.
       Peralatan yang akan dibahas berikut ini termasuk dalam kategori alat-alat tangan (hand tools). Pekerjaan memasang dan melepas baut/mur,sekrup,serta snapring merupakan pekerjaan yang hamper selalu ada di setiap unit kompetensi perbaikan kendaraan otomotif. Peralatan untuk memasang/melepas baut (bolt) dan mur (nut) berdimensi segi enam (hexagonal) disebut kunci pas/ring/kombinasi segi enam (wrench hexagonal) dan untuk kepala baut segi empat diesbut wrench square. Adapun peralatan untuk membuka sekrup (screw) adalah obeng (srew driver).


 A.Peralatan tangan
      Terdapat beberapa jenis peralatan tangan yang sering digunakan untuk membantu pekerjaan, seperti berikut:
1. Kunci Pas (open end wrench)
2. kunci ring (box wrench)
3. kunci kombinasi (combination wrench)
4. kunci soket (socket wrench)
5. kunci Inggris/kunci yang dapat distel (adjustable wrench)
6. kunci roda (wheel nuts and bolts wrench)
7. kunci busi
8. Obeng (screw driver)
9. Gunting pelat
10. palu(Hammer)
11. Tang (pliers)
12. Gergaji (hacksaws)
13. Ragum (Bench vise)
14. Kikir (files)
15. Pahat (chisels)
16. Tap and snay (dies and taps).

1.   Kunci Pas (Open end wrench)
         Kunci pas dibuat untuk mengencangkan dan melepas baut dan mur yang tidak terlalu kuat momen pengencanganya atau kepala baut dan mur yang telah dilonggarkan dengan kunci ring. Kunci pas dapat juga digunakan untuk membuka mur/kepala baut dengan posisi pemasangan yang tersembunyi.

a.     Konstruksi kunci pas
    Kunci pas dibuat dari bahan baja logam paduan krom vanadium. Kunci ini mempunyai tangkai (shank) dengan kepala masing-masing ujung yang membuat sudut 15⁰  terhadap tangkainya. kepala terdiri atas rahang-rahang yang rata. Kunci pas umumnya dibuat menjadi dua buah kunci pada kedua ujungnya dengan ukuran yang berbeda, misalnya ukuran 6 mm dan 7 mm atau 8 mm dan 9 mm, dan seterusnya. Dibuat berpasangan dalam satu kunci sehingga lebih efisien pemakaian dan penggunaan bahannya. Ukuran kunci biasanya menunjukkan lebar dari mulut kunci yang berarti juga lebar kepala baut/mur.

b.spesifikasi ukuran kunci pas
         satuan ukuran kunci pas terdiri atas mm (metric) dan inch (inci). Untuk satuan metric tersedia ukuran 4-80 mm. akan tetapi yang umum digunakan di otomotif adalah 6 mm dengan kenaikan setiap 1 mm hingga ukuran 36 mm, kecuali ukuran 31,33,34 dan 35 mm tiddak disediakan.
        Gambar berikut ini memperlihatkan kunci pas dalam berbagai ukuran.

 Kunci pas dengan satuan inchi untuk otomotif tersedia dengan kenaikan ukuran ¼ inchi hingga 2 inchi. Akan tetapi untuk keperluan lain (di luar otomotif) disediakan ukuran kunci hingga 4 inchi atau lebih dan dengan kenaikan ukuran yang lebih kecil, yait 11/31 inchi.

2. Kunci Ring (Box Wrench)
           Kunci ring dengan konstruksi dua belas sudut (mata) memungkinkan dapat digunakan pada ruang yang terbatas, karena dindingnya yang tipis.

a.     Konstruksi kunci ring
         Sama halnya dengan kunci pas,kunci ring juga dibuat dari bahan baja tensil tinggi, yaitu merupakan paduan logam krom vanadium, dengan cincin yang berdimensi heksagonal atau lebih pada lubang diameter dalamnya. Kunci ini lebih kuat dan lebih ringan daripada kunci pas, serta dapat memberikan cengkraman pada seluruh baut.


b.     Spesifikasi ukuran kunci ring
        Kunci ring umumnya mempunyai tangkai yang lebih panjang dibandingkan kunci pas, sehingga memberikan gaya tuas yang lebih besar. Gunakanlah kunci ring sebagai pilihan utama sebelum menggunakan kunci-kunci jenis lain.


3. Kunci kombinasi (Combination Wench)
         Kegunaan dari kunci kombinasi ini adalah saling mengisi kekurangan yang ada pada masing-masing kunci pas dan ring. Kunci kombinasi lebih simple, karena hanya dengan satu jenis kunci berarti membawa dua macam, yakni pas dan ring ukuran sama. Kunci ini sangat berguna saat menyetel pengikat (fastener) dengan ukuran yang sama pada posisi yang berbeda.

a.     Konstruksi kunci kombinasi
       Kunci kombinasi merupakan gabungan dari kunci pas dengan kunci ring pada masing-masing ujung dalam ukuran yang sama. Kunci pas ujung terbuka hanya dapat digunakan jika kunci pas berbentuk cincin atau soket tidak cocok dengan kepala baut atau mur.



b.     Spesifikasi ukuran kunci kombinasi
          Kedua jenis kepala dengan ukuran segi enam yang sama bias terdapat pada tangkai sebuah kunci pas. Jenis ini dikenal dengan kunci pas “kombinasi”. Ukuranya dicap atau dicap timbul pada tangkainya berkisar antara 6 mm sampai dengan 32 mm.
         Umumnya, baik offset ujung ring maupun ujung terbukanya disusun 15⁰ terhadap tangkainya.

4. Kunci Soket (socket wrench)
        Soket adalah alat berbentuk silinder yang dibuat dari baja tensil tinggi atau sejenis logam paduan, yaitu krom vanadium dan untuk memperbaiki penampilanya dilapisi dengan nikel.

a.     Konstruksi kunci soket
       Satu ujung soket mempunyai dudukan segi empat, dan ujung lainnya mempunyai dimensi hexagonal (seperti kunci ring) untuk digunakan pada mur atau baut.


b.     Kegunaan kunci soket
       Kunci soket tersedia dalam satu set kunci dalam kotak alat (disebut set soket) yang terdiri atas beragam ukuran soket dan batang batang.
       Kunci soket merupakan alat yang paling efektif dan paling cepat penggunaanya. Maka dari itu, ketika melepas dan mengencangkan baut dapat dilakukan dalam hitungan waktu yang efisien, karena kunci ini dapat ditempatkan dengan benar pada baut atau mur. Kunci ini sangat sesuai dengan kelengkapan tambahan yang dapat disambungkan dengan ujung.

berbagai jenis kunci soket

Kunci soket sering juga disebut kunci sok yang dirancang khusus untuk melepas/memasang baut dan mur. Kunci sok adalah jenis kunci yang paling baik digunakan  untuk melepas komponen dari kendaraan bermotor. Kunci ini akan pas pada baut hamper pada seluruh tempat dalam kendaraan.
         

 5. Kunci Inggris/kunci yang dapat disetel (Adjustable Wrench)
             Kunci inggris adalah kunci yang digunakan secara umum. Fungsi dari kunci inggris yaitu untuk melepas atau mengganti mur atau baut karena ukuran kunci pas atau ring yang sesuai tidak ada. Namun, kunci ini tidak ditujugan sebagai pengganti kunci pas/ring sebab lebih sesuai untuk penggunaan pada beban berat. Kunci inggris sulit disesuaikan dengan ukuran mur atau baut tanpa membuat kepala mur atau baut menjadi bulat.

a.     Konstruksi kunci inggris
        Konstruksinya merupakan kunci pas yang dapat diatur, rahangnya dapat bergerak untuk menyesuaikan berbagai ukuran mur dalam rentang tertentu. Kunci inggris dibuat dari bahan campuran baja berkualitas tinggi untuk mendapatkan kekuatan dan kehandalan. Satu dari rahangnya bersatu dengan gagang dan tidak dapat digerakkan, sedangkan rahang yang lainnya bebas bergerak pada gagangnya. Sebuah perangkat digunakan untuk mengunci rahang yang bebas bergerak tersebut pada posisi yang diperlukan.
Kunci inggris ini terbuat dari baja tempa berkualitas tinggi dan permukaanya dilapisi krom atau difurnish hitam agar tahan lama.


b.     Spesifikasi ukuran kunci inggris
       Rahang tetapnya dibentuk 5⁰ terhadap gagang. Gigi lurus sebagai tempat rahang bebas di dalam gagang. Pena pasak yang dikartel memposisikan pengatur di dalam gagang, sehingga pena tersebut terpasang dengan gigi-gigi pada rack (gigi lurus).

Pengatur yang dikartel digunakan untuk mengatur rahang-rahang pada posisi antara 0 sampai yang terlebar. Panjangnya dapat mulai dari 100-450 mm. kunci inggris digunakan apabila kunci pas yang tepat tidak dapat difungsikan. Lebar maksimum rahang ditentukan oleh ukuran kunci pas, semakin lebar rahangnya dapat dibuka.

6.  Kunci Roda
           Kunci roda digunakan untuk melepas dan mengganti mur roda pada kendaraan nermotor. Kunci roda terbuat dari batang baja yang ujung-ujungnya mempunyai kepala soket segi enam.
        Umumnya fungsi kunci roda digunakan untuk:
-         Membuka baut dan tutup hub roda
-         Membuka baut, membuka dan menempatkan kembali tutup roda.

a.    a. Konstuksi kunci roda
         Jenis kunci roda yang ditemukan di sebagian besar bengkel mempunyai empat jari-jari. Ujung dari masing-masing jari disatukan pada satu titik pusat,sehingga membentuk palang/silang pada ujung luar masing-masing batang.


Kunci roda model kepala segi enam tunggal khusus ditempatkan di ujung suatu batang. Adapun panjang batang tersebut kurang lebih 250 mm, dibengkokkan hampir tegak lurus di dekat kunci soket.


a.     B.Spesifikasi ukuran kunci roda
         Kunci roda ini mempunyai soket pada setiap ujungnya dengan dua buah batang melintang. Rentang ukuran kunci roda sesuai dengan hampir semua ukuran baut roda. Ukuran yang paling umum adalah ¾ inchi, 13/16 inchi (19 mm dan 21 mm).
         Kunci roda digunakan untuk mengendorkan dan mengencangkan baut roda pada sumbu roda kendaraan bermotor.     

7. Kunci busi
        Kunci busi digunakan untuk melepas dan memasang busi yang umumnya  dipasang pada posisi sulit dijangkau oleh kunci pas ataupun kunci ring. Selain itu kunci busi dirancang khusus untuk tidak mendapat perlakuan momen pengencangan yang terlalu kuat. Caranya dengan mendesain tangkai yang pendek.

Spesifikasi:
Kunci busi dibuat dengan ukuran standar mengikuti ukuran busi yang ada. Ukuran standar tersebut, yaitu: 10,14,dan 18 mm.

8. Obeng
       Obeng ada dalam satuan set dengan ukuran dan bentuk penggerak yang berbeda panjang, pendek, sangat pendek (bunting). Obeng terdiri atas batang yang terbuat dari baja keras berkualitas tinggi dengan satu mata pada satu ujungnya dan gagang terbuat dari plastic, dicetak pada batangnya. Obeng digunakan untuk melepas sekrup dari komponen-komponen kendaraan seperti lampu kepala, pelindung radiator, dan untuk melepas pengikat seperti sekrup-sekrup kotak dan baut-baut talang. Obeng juga dapat digunakan untuk pekerjaan lain seperti mencongkel cetakan, badge, emblem, dan menekan atau mendorong seperti pemasangan penghapus kaca.
         Ada dua jenis utama obeng, yaitu obeng standard an obeng Philips.

a.     Obeng standar (obeng pipih)
        Obeng standar mempunyai bilah pipih dan ini digunakan untuk melepas atau mengganti pengikat (fastener) seperti sekrup pengetap sendiri dan baut-baut kotak, seperti juga halnya mencungkil cetakan, badge, lis pintu, dan lain-lain. Obeng pendek (stubby) yang lebih kecil mempunyai batang pendek dan digunakan pada area dimana tidak diperlukan gaya penuasan.


satu set obeng

obeng standar (pipih)

Obeng pendek (buntung)

Jenis-jenis lubang obeng


b.     Obeng Philips (kembang)
          Obeng kembang mempunyai mata berbentuk bintang. Fungsinya untuk melepas sekrup kepala kembang. Sekrup ini banyak digunakan sebagai pengikat untuk grill, lampu kepala, lampu belakang atau parker pada semua jenis kendaraan bermotor. Obeng jenis ini memungkinkan gaya punter yang besar dan kecil apabila terjado slip pada kepala sekrup.

9.   Palu
Palu terdiri atas:
a.     Palu pena kepala bulat
b.     Palu pena kepala lurus atau silang
c.      Palu keeling
d.     Palu lunak dari bahan kayu, karet, tembaga, timah hitam atau plastik
e.     Palu pegang
f.       Palu rata
g.     Palu bola

Palu digunakan untuk membuat bentuk-bentuk seperti silinder, kerucut, dan sebagainya. Caranya dengan memukul membentuk lekukan,lipatan, atau keperluan untuk memukul dalam perbaikan di bengkel otomotif.
       
                                                        jenis model palu




Comments